5 Cara Ampuh Meperbaiki Memory Card Tidak Terbaca Alias Rusak

Cakwafaae | Penyimpanan atau disebut memory ialah tempat dimna kita menaruh file, baik berupa gambar, video, word, pdf dan lainnya, yang mana penyimpanan tersebut sangat dibutuhkan sekali oleh kita.

https://cakwafaae.blogspot.com
Gambar: Cakwafaae

Khususnya memory handphone ( External ), penyimpanan ini, selain membantu kita untuk menyimpan file, juga berfungsi sebagai salah satu pembantu kinerja samrtphone, yang kapasitas RAMnya masih kecil, maupun besar.

Mulai dari ukuran terbesar sampai terkecil 512, tak ubahnya fungsi memory sangat banyak, dimna smartphone tanpa bantuan memory akan terasa lemot, karena beban yang dipikul teramat besar.

Begitupun sebaliknya dampak memasang memory yang berkapasitas besar pada semartphone kapasitas kecil, yang sering terjadi handphone akan mati mendadak dan terjadi hang.

Tanpa diketahui penyebabnya, yang sering membuat resah ialah, memory tidak terbaca atau memory rusak, sedangkan memory berisi file-file yang amat berharga, semisal foto saat liburan ke jepang, dll. waduh ...eman sekali bukan?

Baca Juga : Cara Upadats Setatus Berwarna Dan Huruf Tebal di Facebook

Yang akan saya bagikan kali ini ialah cara atasi hal diatas, selain untuk menyelamatkan file yang ada di memory,juga bermanfaat ketimbang membeli lagi. Pengiritan! Langsung saja simak dibawah ini:

Cara Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca Alias Rusak.


1. Cek kembali posisi dan tempat memory, dimana terpasang, lalu rapikan lagi, karena terkadang letak memory yang tidak pas, akan membuatnya tidak terbaca.

Dan bisa jadi karena tempat memory disemartphon sudah lower, sehingga memory kurang tertekan, ini dapat diatasi dengan menambah kertas yang diletakkan diatas memory.

Jika memory terpasang disebalah samping, juga dapat melakukan cara yang sama, meletakkan kertas dari arah belakang memory agar tidak mudah bergeser. tentunya, lakukan dengan hati-hati.

2. Setelah semartphone dihidupkan, tetapi memory masih belum terbaca, maka lakukan cara kedua yang hampir sama dengan cara diatas yaitu membersihkan lempengan tembaga memory, dengan penghapus yang bersih.

Caranya: Sebelum dicabut pastikan smartphone sahabat dalam keadaan hidup, lalu copotlah dimna memory terpasang secara perlahan. kemudian gosoklah kuningan dengan penghapus bersih yang tersedia, sebersih-bersihnya.

3. Jika cara kedua ini belum juga berhasil, maka lakukan pengecekan dengan  komputer atau laptop. yakni, bisa dengan kabel data yang tersambung dengan handphone ataupun menggunakan card Rider.

Caranya: Saat tersambut pastikan dengan PC atau Laptop pastikan berada pada mode Mass Storage Mode (MSC), bukan Mode MTP. caranya:

Sahabat buka windows explorer, kemudian klick Drive Memory, Pilih Properties, kemudian pilih Tools, klick Error chacking, tunggu sampai loading selesai.

Lalu setelah proses Chacking selesai eject lah memory sahabat dari PC maupun Laptop, kemudian masukkan kembali memory ke smartphone yang sahabat punya.

4. Jika Cara ketiga Masih belum berhasil, jangan khawatir sahabat memiliki satu cara ampuh lagi, yakni dengan memformat kartu memori, hasilnya memori akan bersih dari virus dan mirip baru lagi. Fitur fomat memori sudah dapat sahabat temukan di pengaturan memori.

5. Selesai

Perhatian!!

Saat melakukan Cara yang ketika, sahabat dianjurkan untuk mencopy seluruh file pada memory yang error. Jika Di Pc maupun Laptot, memory masih dapat dicopy. lalu setelah melakukan cara ke empat cobalah kembali untuk memindah file tadi ke memory yang sudah di format.

Ketika cara diatas sudah dilakukan, tetapi tidak menemui hasil, berarti memory sahabat tidak dapat lagi diselamatkan. Namun setidaknya cara diatas dapat dilakukan lebih dari satu kali, untuk menemukan hasil yang lebih memuaskan.

0 Response to "5 Cara Ampuh Meperbaiki Memory Card Tidak Terbaca Alias Rusak"

Post a Comment

Mohon Jangan Berkomentar Spam dan Meninggalkan Link aktif, karena jika terjadi admin akan menghapus selamanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel