Cara Mengaktifkan Fitur Finger Print Pada WhatsApp

Cakwafaae – Baru-baru ini WhatsApp merilis pembaruan pada aplikasinya. Ada beberapa hal menarik yang dapat dilihat dari pembaruan terkini aplikasi WhatsApp. Salah satunya adalah fitur finger print.

Dengan fitur ini privasi pengguna menjadi lebih terjamin, karena hanya pengguna lah yang bisa membuka dan membaca pesan pada aplikasi ini. Namun, untuk dapat mengaktifkan fitur ini, smartphone harus memiliki fitur sensor finger print terlebih dahulu. Tanpa sensor ini, maka fitur finger print pada WhatsApp tidak dapat diaktifkan.

Cara Mengaktifkan Fitur Finger Print Pada WhatsApp


Untuk mengaktifkan fitur ini caranya cukup mudah. Yang harus dilakukan pertama kali adalah mengunduh pembaruan terkini WhatsApp pada Google Play Store atau App Store. Versi terbaru yang digunakan WhatsApp adalah 2.19.308.

Baca Juga : Fitur Terbaru Aplikasi WhatsApp

Setelah selesai melakukan pembaruan dan berniat mengaktifkan fitur finger print, pengguna bisa masuk ke dalam menu “Account” yang dilanjutkan kepada submenu “Privacy”. Langkah selanjutnya, pilih menu “Fingerprint lock” yang terdapat pada halaman “Privacy”. Untuk mengaktifkan fitur finger print pada WhatsApp, pilih opsi “Unlock with fingerprint”.

Namun setelah opsi “Unlock with fingerprint” diaktifkan, tidak serta merta fitur pada aplikasi WhatsApp ini dapat digunakan. Untuk memanfaatkannya secara penuh, pengguna perlu mendaftarkan sidik jarinya terlebih dahulu. Dengan begitu, sensor akan mengenali sidik jari milik pengguna wa.

Cara mendaftarkan sidik jari untuk finger print pada WhatsApp ini prinsipnya sama dengan pengaturan pemindai sidik jari pada ponsel.

Sebelum mendaftarkan sidik jari sebagai pembuka aplikasi WhatsApp, pengguna akan diminta memilih fitur keamanan lain seperti PIN dan pola. 

Setelah mendaftarkan fitur keamanan tersebut, barulah pengguna bisa mendaftarkan sidik jari. Dengan fitur finger print ini, aplikasi WhatsApp tidak akan bisa dibuka tanpa menggunakan sidik jari yang terdaftar.

Meskipun terkesan aman, namun ada beberapa kondisi yang membuat aplikasi ini tidak meminta sidik jari pengguna. Yang pertama adalah apabila pengguna masih mengaktifkan fitur quick reply. Kondisi lain yang menyebabkan WhatsApp dapat digunakan meski tanpa membuka kunci sidik jari adalah saat smartphone menerima panggilan WhatsApp.

Fitur finger print yang hadir bersama dengan pembaruan aplikasi WhatsApp memang difungsikan untuk menjaga privasi para penggunanya. Dengan mengaktifkan fitur ini, maka orang lain tidak akan bisa iseng melihat pesan-pesan milik pengguna. Pengguna pun bisa lebih tenang.

0 Response to "Cara Mengaktifkan Fitur Finger Print Pada WhatsApp"

Post a Comment

Mohon Jangan Berkomentar Spam dan Meninggalkan Link aktif, karena jika terjadi admin akan menghapus selamanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel