7 Tips Sederhana Agar Ponsel Menjadi Lebih Awet

Jangan sampai ponsel Anda yang mahal hanya mampu bertahan 1 atau setengah tahun saja. Mari kita buat ponsel menjadi lebih tahan lama dengan kiat-kiat sederhana berikut.

Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan sehat yang membuat ponsel tidak mudah rusak:

Tips Sederhana yang Bisa Membuat Ponsel Anda Awet Bertahun-Tahun

1.    Jangan Biarkan Ponsel Anda Terpapar Cuaca
Ponsel tak sehat kalau terpapar hujan, begitu juga panas. Kedua cuaca itu tak baik untuk ponsel. Ponsel yang terkena hawa dingin akan melambat jika berada di bawah suhu -40°C atau terpapar hawa panas dengan suhu 45°C ponsel Anda bisa berhenti bekerja.

2.    Jangan Gunakan Kabel Charger Murah atau Tidak Asli
Ini berbahaya untuk ponsel, selain itu proses pengcasan tidak akan stabil dan lambat.

3.    Bersihkan Lubang yang Ada Pada Ponsel Secara Teratur
Banyak kotoran menempel di lubang charger maupun colokan, bersihkan dengan hati-hati untuk melindunginya dari kerusakan.

4.    Hindari Memakai Aplikasi yang Mencurigakan

Efeknya akan ada bahaya malware yang mengancam. Mungkin yang Anda percayai selama ini adalah haya komputer yang terkena malware, tapi ponsel pun juga bisa.
Malware ini dapat membuat lokasi Anda terdeteksi, serta data-data pribadi Anda bisa dicuri.

5.    Hindari Menjatuhkan Ponsel
Mungkin di HP-mu tertulis tahan banting, atau ketika HP Anda jatuh tak muncul retak atau goresan sedikitpun. Tapi itu belum berarti bahwa mesin di dalam ponsel Anda baik-baik saja.

Ponsel Saya beberapa kali jatuh, awalnya tidak terjadi masalah apa-apa. Dan kondisinya pun tetap bagus karena ponsel Saya memang tahan banting. Tapi pada suatu hari, setelah jatuh berkali-kali, tiba-tiba jaringan pada ponsel Saya hilang. Ternyata kuningan kecil yang menangkap sinyal kartu telah lepas dari sarangnya karena jatuh berkali-kali. Dan tentu saja, kuningan kecil itu berada di dalam ponsel. Tak bisa terlihat oleh mata.

6.    Cas Ponsel Anda Sebelum Baterainya Habis Total

Efeknya jika Anda sering melakukan ini adalah baterainya cepat boros. Tidak bisa bertahan lama seperti yang seharusnya. Selain itu, ketika mengecas, masukkan colokan charger dengan berhati-hati.

7.    Matikan Ponsel Sekali dalam Seminggu

Tips sederhana yang terakhir adalah mematikan ponsel Anda beberapa menit hanya dalam satu kali selama seminggu. Manfaatnya sungguh luar biasa, ponsel bisa bekerja lebih optimal, memperpanjang daya tahan baterai, mengosongkan beban yang tidak diperlukan pada memori, dan mencegah kerusakan lainnya.

0 Response to "7 Tips Sederhana Agar Ponsel Menjadi Lebih Awet"

Post a Comment

Mohon Jangan Berkomentar Spam dan Meninggalkan Link aktif, karena jika terjadi admin akan menghapus selamanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel