Proses Cakwafaae Menjadi Blogger Sampai Saat Ini

Cakwafaae  | Hallo sahabat blogger diseluruh plosok nusantara, semoga tetap semngat dan konsisten mengelola blognya sampai sukses iya.

proses-wajib-dijalani-oleh-seorang-blogger-yang-ingin-sukses
Gambar Ilustration Cakwafaae
Dikesempatan ini saya akan bercerita Proses saya mulai pertama ngeblog sampai saat ini, yang mungkin dapat diambil pelajaran bagi yang masih pemula.

Proses yang saya tulis ini meliputi Awal mula berjabat tangan dengan blog, Awal membuat blog, Apa yang saya peroleh dari blog mulai dari awal sampai sekarang.

Setiap blogger pasti punya proses yang jika diingat saat ini, sangat  menggelitik dan tersimpuh malu pada diri sendiri tentang proses yang dilalui mulai dari awal menjadi blogger.

Tulisan ini saya tulis secara singkats karena kalau ditulis semua tidak memungkinkan, jadi terpaksa saya ambil inti-intinya saja, yang menurut saya dapat dijadikan cermin bagi blogger pemula.

Proses Cakwafaae Menjadi Blogger Sampai Saat Ini

Awal Mula Cakwafaae Berjabat Tangan Dengan Blog

Seperti yang kita ketahui sendiri, selain saya banyak juga blogger pemula yang tujuan awalnya ingin menghasilkan uang tambahan, seperti blogger yang sudah kita dengar sukses.

Langsung saja.

Waktu itu, salah satu guru ngaji saya, merupakan seorang blogger yang dapat dibilang sukses, menurut kabar yang saya terima, penghasilan perbulan mencapai 1 sampai 2 juta perbulan.

Nah dari situlah saya tertarik menjadi blogger, sepintas penghasilannya akan saya pakai untuk keperluhan tambahan sehari-hari. Hehehe

Tanpa pembimbing, tidak ada yang mengasih masukan dan lain-lainnya, hanya dengan modal informasi cara membuat blog yang juga masih remang-remang.

Iformasi itu saja saya peroleh dari teman yang membawa kabar tentang guru saya yang sukses ngeblog yang sama-sama awam mengenai dunia blogger.

Akhirnya saya mulai bertindak dengan membuat blog gratis, blognya sekarang tertimbun masalalu, maklum ngeblog selama hampir satu tahun yang dilakukan itu-itu saja, blog kurang menarik delete, membuat lagi kurang menarik delete lagi.

Dilain hari, terlintas dalam benak, darimanakah blog menghasilkan uang? Karena terlalu penasaran, saya kembali menemui teman saya tadi, sehingga pertanyaan saya terjawab saat itu juga.

Sayapun bergegas pulang, dan langsumg tanpa basa-basi menghidupkan laptop dan pergi ke dasbord blogger untuk mendaftarkan blog keperusahaan periklanan.

Sehingga waktu itu juga alhamdulillah alaa Kulli Haal, saya keterima dan dapat saya katakan sukses, karena ternyata untuk mendapat penghasilan dari blog sangat mudah dan masalah kecwil..saking bahagianya.

Saya juga melompat-lompat didepan teman saya tadi, dengan membawa kabar saya sudah diterima menjadi publiser iklan. Sebentar lagi saya akan mendapat penghasilan. ANGGAP SAJA PAMER.

Tetapi keesokan harinya pada saat saya melihat blog, tidak ada apapun yang muncul berbeda, blog juga terlihat biasa-biasa saja berisi 5 artikel yang masih tidak enak dipandang.

Serta berantakan, dan tulisan terlihat kecil, saat mau dibaca masih perlu diperbesar, imagenya juga tidak ada tetapi pas waktu itu blog saya adalah blog terbaik menurut saya.

Setelah kisaran dapat satu hari satu malam saya mendapat pesan email pemberitahuan dari google kalau tidak salah isi pesan email itu

"Untuk mendapatkan pengunjung lebih banyak silahkan lakukan pembayaran sebesar Rp= 478.000."

Saya berfikir, apa yang terjadi gerangan? seharusnya saya yang dibayar bukan saya yang membayar, kok ada pesan begini?

Tidak tahunya, setelah saya ingat-ingat, blog tadi saya daftarkan ke perusahaan periklanan google adwards, bukan kegoogle adsense seperti sekarang yang saya ketahui.

Pastii, memang membayar, karena bukan jadi publiser tetapi menjadi pengiklan.

Dan banyak lagi kesalahan fatal yang pernah saya lakukan pada awal ngeblog, semisal menambah widget gambar, yang dapat dipasang melalui tataletak.

Saya kira gambar yang muncul diblog adalah iklan yang kemudian membayar saya, sampai sukses seperti sang Guru, eh, tidak tahunya keliru lagi.

Kejadiannya hampir sama seperti diatas.

Awal Mula Membuat Blog

Awal mulanya, seperti yang saya ungkap diatas setelah saya terinspirasi dengan informasi mendapatkan uang dari blog, sayapun membuat dengan platform blogspot sampai sekarang. Hehehe

Lagi-lagi melakukan kesalahan besar, pada waktu itu saya fokus bagaimana blog ada tombol menunya atau yang dikenal dengan menu navigasi, setiap hari ngotak-atik itu sampai otak muyer-muyer tidak karuan.

Selain itu memasang dan mendelete widget merupakan hal biasa, begitupun dengan mengganti tamplate yang tersedia diblogger sama saja hampir setiap waktu setiap saat.

Maklum pas waktu itu masih belum mengenal tamplate yang Seo, Responsive, Sticky dan lain sebagainya, yang dapat didownload secara gratiss.

Setelah kisaran saya berkecipung diblog hampir genap satu tahun, Akhirnya saya bertemu seorang blogger, Alhamdulillah Alaa Kulli Haal saya dikasih pencerahan yang lumayan detail.

Tetapi inti pencerahannya, banyak belajar dari blog lain masalah yang kamu hadapi sudah terjawab semua. Sehingga akhirnya sayapun sadar kalau malu bertanya pasti sesat dijalan.

Dari situlah saya mulai mengganti tamplate hasil download gratiss, mulai belajar melengkapi menu navigasi sampai berfungsi.

Tetapi, lagi-lagi kepeleset, pas waktu itu, saya melupakan bahwa yang pertama dan yang paling penting penunjang sebuah blog menjadi sukses adalah konten.

Bukan sebuah tampilan, tampilan adalah nomor kesekian yang terpenting konten dapat dibaca dan tampilan tidak terlalu silau, yang dapat membuat mata sakit saat terlalu lama melihat.

Jadi dapat dikatan, saya tetap dengan kebiasaan mengotak-atik tampilan blog agar sesuai dengan yang saya inginkan,

Karena setelah melakukan perbandingan dengan blog lain saya terpengaruh dengan tampilannya kelengkapan dan kecantikannya, sehingga saya ingin merubah tampilan blog lagi.

Akhirnya, baru kemudian setelah banyak belajar dari blog-blog senior, membaca tutorial-tutorial dari blog senior, saya sadar bahwasannya apa yang saya lakukan tidak ada gunanya.

Seandainya, waktu selama satu tahun setengah saya pergunakan untuk menulis, mungkin blog saya sudah memiliki banyak artikel sekaligus sampai ngiler-ngiler melihat visitor yang hadir.

Yang Diperoleh Cakwafaae Mulai Awal Ngeblog Sampai Saat ini

Ternyata banyak sahabat yang mungkin senasib seperjuangan dengan saya, jikalau ada yang bertanya saya dapat apa ngeblog? Saya tercengang dan tidak bisa menjawab.

Cuman dalam hati saya, yang saya peroleh hanyalah pengalaman yang sangat berarti bagi saya, sekalipun sangat melelahkan tetapi itulah proses dan saya yakin "Siapa yang menanam pasti akan memanen."

Pengalaman diterima adsense mungkin hanya beberapa kali, yang kemudian karena kurang sabar menunggunya, akhir kata saya pindak pemilik alias saya jual.

Karena Visitor blog saya perhari, hanya 3 sampai lima butir, itupun saya yakin bukan murni dari serch engine, tetapi hasil saya ngeshare keberapa media seperti, Facebook Whatsapp dan lain-lain.

Dan baru tahun ini saya ingin menata kembali dan fokus bagaimana menjadi blogger yang baik, blogger yang kosisten, bagaimana rasanya mendapat gajian dari adsense.
Lagi-lagi uang, uang, uang....
Cukup sekian dulu, semoga dari cerita proses awal ngeblog cakwafaae sampai sekarang dapat bermanfaat kepada seluruh sahabat cakwafaae.

Saya berharap sahabat dapat menyimpulkan, dan mengambil secercah ilmu dari pengalaman saya, sekalipun iya ... gitulah. Hanya bisa tersenyum... kwkwkw.

12 Responses to "Proses Cakwafaae Menjadi Blogger Sampai Saat Ini"

  1. Jadikan pengalaman guru yang berharga broo!!..😄😄 Sukses selalu..👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap mas.. maka dari itu menjadi seorang blogger yang ingin berpenghasilan tidak mudah.

      Delete
  2. Wah lumayan panjang perjalanan untuk bisa menghasilkan uang dari blog, setahu dan anggapan saya mudah, terima kasih banyak artikel ini mengingatkan pada perjalanan saya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin sebagian orang mudah jika ilmunya sudah memumpuni mas.. tetapi bagi yang ngeblog asal asalan dapat dipastilan repot.

      Apalagi pengunjungnya cuman 5 sampai sepuluh, coba kira-kira perlu berapa tahun? Kwkwkwk

      Delete
  3. Semoga sukses ya! Jadi blogger tuh sama seperti kerja part time. Harus konsisten dan ikhlas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak... jadi pada awalnya memang berat. Tetapi kalau dikerjakan ..jadi ringan.

      Delete
  4. kurang lebih pengalaman kita sangat mirip ya cak... hanya beda beberapa poit aja.. 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha pengalaman saya yang paling miris mas.. gambar dikira iklan adsense. Duh ya allah...

      Delete
  5. Terus semangat ngeblog ya, mas eh'* cak Wafa ...
    [ mencoba menyemangati, agar aku juga terus semangat ... hehehe ]

    Siapa tau, kelak cak Wafa berhasil jadi top blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap mas terimaasih semangatnya,,,,mas himawan semngat juga wwwwwww nulis destiinasi wisatanya, jadi nanti sebelum saya liburan bisa milah milih tempat liburan yang murah hehehehe

      Delete
  6. Jadi pengen ngeblog cak gimana dan daridarimana mau memulai iya cak??

    ReplyDelete
Mohon Jangan Berkomentar Spam dan Meninggalkan Link aktif, karena jika terjadi admin akan menghapus selamanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel