Cara Backup Semua File Di Android

Backup atau pencadangan sangat penting untuk dilakukan. Seharusnya backup data dilakukan secara rutin dan berkala. Fungsinya, untuk membuat cadangan agar data aman jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.Misalnya jika SmartPhone anda mengalami bootlop dan terpaksa harus factory reset, jika ada data backup anda tidak perlu repot mencari kontak WA, atau mendownload aplikasi favorit.
Cara Backup Semua File Di Android

Secara default, android menyediakan layanan backup pada setiap perangkatnya. Namun, ada juga cara lain, yakni dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.
Nah, untuk anda yang ingin membackup data pada android, bisa gunakan tutorial berikut.

Cukup masuk ke Pengaturan (Setting), dan klik Cadangkan dan Reset Ulang. Setelah itu, aktifkan fitur Cadangkan Data.

Langkah selanjutnya, masih di Pengaturan, masuk ke Akun/Sinkronisasi. Pada bagian ini, login dengan akun gmail dan sinkronisasikan dengan Google Backup.

Langkah terakhir, klik centang pada pilihan data yang akan dibackup dan klik tombol selanjutnya.

Data anda berupa kontak, Email, dan data penting lainya akan dicadangkan di server google. Cara ini sangat disarankan karena cukup aman, dan mudah tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga.

Untuk cara kedua, kita akan menggunakan bantuan dari aplikasi Titanium Backup. Aplikasi ini bisa anda download di PlayStore, namun perlu diingat bahwa Titanium Backup hanya bisa digunakan untuk perangkat yang sudah diroot.
Jadi, untuk perangkat yang belum mendapat akses root, tidak akan bisa menggunakan aplikasi ini.

BACA : Aplikasi Android Terbaik Untuk Nonton Film

Caranya gampang, cukup download dan install aplikasi Titanium Backup. Lalu masuk ke bagian Backup/Restore. Agar lebih mudah, untuk membackup semua aplikasi, tinggal klik Menu (pojok kanan atas), dan klik Batch Action.

Selanjutnya, anda akan dihadapkan pada menu Backup All User App atau Backup All System Data. Nah, untuk mencadangkan aplikasi segaligus beserta datanya, anda bisa pilih opsi kedua. Jika hanya ingin mencadangkan aplikasi saja, dalam bentuk apk, silahkan pilih opsi pertama.

BACA : Cara Mengatasi Kecerahan Layar HP Android Yang Tidak Berfungsi 

Setalah itu, tunggu hingga proses backup selesai dengan sempurna.

Jika android anda belum diroot, untuk membackup aplikasi saya sarankan untuk menggunakan Aico File Manager. Aplikasi tersebut bisa anda temukan di PlayStore.

0 Response to "Cara Backup Semua File Di Android"

Post a Comment

Mohon Jangan Berkomentar Spam dan Meninggalkan Link aktif, karena jika terjadi admin akan menghapus selamanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel