Tips Menjelajah Internet secara Aman di Android

Sepertinya keamanan menjelajah di Internet harus menjadi perhatian semua orang. Pasalnya para hacker selalu mengintai kelengahan kita untuk dijadikan korban kejahatannya. Pengguna Android yang semakin meningkat membuat pelaku kejahatan kegirangan karena banyak mangsa yang bisa dijadikan korban.

Tips menjelajah internet secara aman di Android menjadi topik yang akan dibahas secara singkat pada artikel di bawah ini.
Tips Menjelajah Internet secara Aman di Android

1. Ubah pengaturan browser
Ubah pengaturan di browser agar bisa dipastikan kegiatan di internet tetap aman. Sejumlah browser terbaru sudah didukung dengan sistem keamanan yang mampu melindungi pengguna. Seperti google chrome yang dilengkapi dengan fitur ‘Safe Browsing’.Cara mengaktifkannya yaitu dengan membuka ‘setting’, pilih ‘advance’, lalu ‘privacy’. Kemudian centang ‘do not track’ agar peramban tidak mampu melacak kegiatan saat menjelajah.

2. Gunakan browser yang fokus pada privasi
Salah satu tips menjelajah internet secara aman di Android yaitu dengan memanfaatkan browser yang menjamin keamanan pengguna.

Contohnya adalah Firefox Focus, browser ini sengaja didesain untuk mengamankan keberadaan digital kamu saat mengakses internet.Browser ini tidak memiliki riwayat penjelajahan, tabs, bookmarks, atau fitur lain yang terdapat pada aplikasi semisalnya.

3. Cek Wi-Fi publik sebelum terhubung
Di satu sisi keberadaan wifi publik sangat membantu, tapi ada juga sisi yang menyimpan bahayanya. Karena bisa saja ada pihak ketiga yang memantau pergerakan kamu saat berslenacar di internet menggunakan wifi tersebut.

Baca : Cara Mengatasi Lupa Password Gmail Android 

Oleh karena itu, sebaiknya kamu menggunakan ARP Guard. Aplikasi pemindai wifi publik ini akan memperingatkan kamu ketika ada aktivitas mencurigakan di jaringan wifi yang sedang terhubung.
Selain menggunakan ARP Guard, sebaiknya kamu juga harus menggunakan aplikasi pemindai malware di smartphone kamu. Kehadiran aplikasi tersebut dapat membantu memastikan bahwa tidak ada file yang tidak menyimpan malware.

4. Jangan menyimpan password di browser
Biasanya browser google chrome menawarkan opsi untuk layanan password manager. Artinya, google browser akan menyimpan password kamu tanpa perlu susah-susah untuk memasukkan password saat akan masuk ke sebuah akun tertentu.

Baca Juga : Cara Mengakses Foto iCloud di Android

Untuk itu, kamu sebaiknya memperhatikan beberapa tips menjelajah internet secara aman di Android yang telah kami jelaskan di atas. Terima Kasih.

0 Response to "Tips Menjelajah Internet secara Aman di Android"

Post a Comment

Mohon Jangan Berkomentar Spam dan Meninggalkan Link aktif, karena jika terjadi admin akan menghapus selamanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel