Cara Menjadi Penulis di Jawa Pos, Berpenghasilan Uang

Cara Menjadi Penulis di Jawa Pos – Menjadi seorang Penulis memiliki variasi yang beraneka ragam. Meski pun sama-sama profesi menulis, tetapi memiliki sebutan yang berbeda-beda seperti Author, Copywriter, Content Writer, Blogger, Wartawan, dan sejenisnya. Bukan secara penamaan profesi saja, tetapi juga ladang media yang dituju juga berbeda. Semua itu menentukan seseorang akan menerbitkan karyanya dimana. Banyak pilihan yang dapat kamu tentukan. Salah satunya, menjadi Penulis jurnalisme di sebuah media koran ternama.

Jawa Pos, pasti media ini sudah tidak asing di telinga kita. Siapapun yang tulisannya tembus disana, pasti akan merasakan kebanggaan tersendiri. Pasalnya, akan menjadi icon nama yang dikenal. Jelas pastinya, karena itu media jurnalisme besar yang tulisannya pun di-filter dengan ketat.


Tidak sembarangan karya bisa masuk dan diterbitkan. Bisa juga tembus, tetapi kamu harus butuh proses yang panjang. Jangan pernah takut untuk ditolak. Semua para newbie pasti pernah mengalami. Jangan pernah berhenti kirim karya, sebelum tulisan diterima. Lama-lama editor pasti kenal dengan nama email kamu, tulisan pun akan mulai dipertimbangkan.

Baca Juga : Strategi Orang Sukses Finansial, Jalan Menuju Kejayaan

So, kamu perlu memperhatikan beberapa cara menjadi penulis di jawa pos berikut ini. Agar tidak kaget, dan bisa konsisten untuk berusaha menembus media tersebut.

1. Mental Kebal
Sebelum kamu memutuskan untuk menjadi Penulis Jawa Pos. Pastikan kamu memiliki mental yang kebal. Kenapa? Beberapa pengalaman Penulis yang mereka sudah tembus dan menetap disana, pasti pernah mengalami beberapa kali penolakan saat masih newbie. So, kuatkan mental kamu. Kalau enggak, bisa jadi kamu menyerah di tengah jalan.

2. Konsisten Menulis dan Mengirim
Teruslah konsisten menulis karya dan mengirimnya. Entah dimuat atau tidak, terus menulis dan kirimlah. Itu akan membuat kwalitas tulisan kamu semakin membaik. Selanjutnya, kamu juga bisa evaluasi apa kemauan dari Jawa Pos. Terlebih, jika kamu sudah sering kirim maka tulisan akan mulai dipertimbangkan.

Baca Juga : Cara Menjadi Penulis E-Book, Menarik dan Menguntungkan

3. Pilih Genre Paling Mumpuni Buat Kamu
Pilihlah genre tulisan yang mumpuni buat kamu. Entah itu rubrik berupa gagasan atau opini.

4. Pilih Tema Paling Tren di Beberapa Hari Terakhir
Tulisan di media koran pasti mengambil fenomena yang paling tren beberapa hari terakhir. Tulisan yang sudah tidak relevan dengan keadaan cenderung di tolak. Pasalnya, dianggap sudah basi.

5. Buat Tulisan yang Penuh Analisa dan Berkarakter
Dengan membuat tulisan yang berkarakter, orang akan cenderung penasaran untuk membacanya. Itu membuat editor mempertimbangkan karya kamu. Apalagi jika didukung analisa yang tidak terpatahkan.

6. Ketahuilah Syarat-syarat yang di Berikan Oleh Jawa Pos
Sebelum menembus suatu media, kenali terlebih dahulu. Apa yang mereka perlukan. Syarat apa saja yang diajukan, sehingga tulisan bisa dimuat. Selanjutnya kirim tulisan ke email opini@jawapos.co.id. Jangan lupa melengkapi dengan CV, nomer rekening, dan kontak yang bisa dihubungi.

Sekian artikel kami tentang Cara Menjadi Penulis di Jawa Pos. Semoga bermanfaat bagi kalian semua yang ingin menembus media jurnalisme terkenal itu. Sehingga, karya kamu dapat dinikmati berbagai kayak. Terpenting, dapat menjadi wujud kamu menuangkan gagasan dan mengkritik suatu fenomena yang merugikan. Terlebih, dapat dijadikan profesi yang menghasilkan uang.



0 Response to "Cara Menjadi Penulis di Jawa Pos, Berpenghasilan Uang"

Post a Comment

Mohon Jangan Berkomentar Spam dan Meninggalkan Link aktif, karena jika terjadi admin akan menghapus selamanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel