Cara Sederhana Belajar Mengendarai Mobil Manual Biar Cepat Mahir Mengemudi

Cara Belajar Mengendarai Mobil Manual Biar Cepat Mahir - Perkembangan zaman yang cepat bergulir telah membawa kita dituntut untuk memiliki banyak keahlian atau multiskill. Bagi sebagian pekerjaan bahkan memerlukan spesifikasi kemampuan khusus seperti kemampuan berbahasa Inggris, Komputer serta bisa mengendarai mobil.

Perlahan-lahan kini kebutuhan akan pekerja yang bisa mengendarai mobil menjadi meningkat hal ini membuat kita sebagai pencari pekerjaan harus juga memiliki keahlian bisa mengendarai mobil selain dari keahlian terstruktur, bahasa Inggris serta komputer.

Seperti halnya mengendarai kendaraan lain seperti sepeda dan motor, mengendarai mobil juga mengenal istilah “alah bisa karena terbiasa” ataupun semakin mahir karena sudah terbiasa. Nah, bagi kita yang baru ingin mahir mengendarai mobil juga menerapkan istilah ini, kita harus rajin-rajin berlatih mengendarai mobil supaya semakin terbiasa dan safety.

Cara Sederhana Belajar Mengendarai Mobil Manual Biar Cepat Mahir Mengemudi

Kali ini, admin akan memberikan sedikit tips bagaiman cara belajar mengendarai mobil manual biar cepat mahir, berikut dengan langkah-langkahnya.

Belajar Stir (kemudi)
Berbeda dengan motor yang bisa mudah dipelajari cara mengendarai stir-nya. Kalau mobil kita harus melatih cara menggunakan stir supaya lebih peka dengan pegangan kita terhadap kemudi.

Pada langkah pertama belajar stir ini kita bisa mempraktekkannya di Lapangan terbuka yang cukup luas untuk membiasakan diri kita berjalan lurus ataupun belok ke kiri dan ke kanan. Pada langkah ini juga bisa sekalian dilatih bagaimana cara berjalan mundur. Juga dianjurkan untuk berlatih cara memasukkan gigi pertama dan kedua. Berjalanlah dengan kecepatan seimbang pada gigi 1,2 dan 3.
Jika sudah terbiasa mengemudikan stir maka kita boleh masuk langkah kedua.

Belajar Stir Di Jalan Raya
Saat kita sudah terbiasa mengemudikan stir di lapangan terbuka kini saatnya kita turun dijalan Raya yang agak sepi. Dengan posisi duduk disamping orang yang melatih kita. Untuk urusan ganti gigi (porsneling)dan rem itu diatur oleh orang yang melatih kita. Kita sendiri biar fokus saja pada stir dan jalanan.

Baca : Top 3 Game Simulasi Mengemudi Terbaik Untuk Android

Selama latihan di jalan Raya ini biar kita (yang berlatih) yang mengemudikan stir sedangkan gigi dan rem diinjak oleh orang yang melatih kita. Hal ini untuk memastikan kita benar-benar terbiasa dengan stir dijalan raya.

Belajar memasukkan gigi dan sekaligus menyetir
Jika kita sudah mahir pada tahap kedua, maka kita bersiap untuk terjun ke tahap ketiga. Kali ini kita lah yang duduk di kursi kemudi, dengan pelatih tetap standby disamping kita memberikan arahan. Kali ini kita akan belajar cara bagaimana cara memasukkan gigi saat berada dijalan raya.

Tahapan Menghidupkan Mobil 

  • Putar kunci perlahan hingga mesin hidup (pada sebagian mobil harus sekalian menginjak sedikit gas).
  • Injak kopling sampai kandas + masukkan gigi satu, dan injak gas secara perlahan. Lepas kopling perlahan-lahan seiring dengan menginjak gas. Beberapa detik (kira-kira lima deti) kemudian lepas pijakan Gas, injak kembali kopling dan masukkan gigi dua. Coba berjalan perlahan dan santai, saat di trek lurus dan dirasa aman, kembali injak kopling dan masukkan gigi tiga. Dan seterusnya.
  • perpindahan dari gigi satu dan dua tidak perlu lama usahakan dibawah 8 detik.

Setelah merasa tenang mengemudi di jalan raya maka sama saja artinya anda sudah bisa mengemudi mobil. Namun untuk mencapai tahap mahir mengendarai mobil memang perlu latihan yang kontinu.

Oke demikianlah langkah cara untuk belajar mengendarai mobil. Semoga bisa secepatnya bisa melenggang di jalan raya dengan nyaman dan aman.

0 Response to "Cara Sederhana Belajar Mengendarai Mobil Manual Biar Cepat Mahir Mengemudi"

Post a Comment

Mohon Jangan Berkomentar Spam dan Meninggalkan Link aktif, karena jika terjadi admin akan menghapus selamanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel