Jenis-Jenis Penipuan Gojek dan Cara Ampuh Menghindarinya

Cara mengetahui apakah Anda ditipu atau tidak itu mudah sekali. Layaknya penipuan yang mengatakan bahwa Anda memanangkan mobil Toyota, uang 100 juta, atau Mama minta pulsa.
Seharusnya mudah mengetahui apakah Anda sedang ditipu atau tidak, tapi … untuk berjaga-jaga khususnya para orang tua yang selalu berprasangka baik itu, akan kami paparkan beberapa jenis penipuan serta cara mengatasinya.

Jenis-Jenis Penipuan Gojek dan Cara Ampuh Menghindarinya
Sampai saat ini, kami hanya tahu 2 jenis penipuan saja. Yaitu penipuan dengan modus mencuri saldo GoPay Anda dan penipuan driver yang sebenarnya bukan driver.

Penipuan Gojek: Modus Mencuri Saldo Gopay serta Cara Mengatasinya

Pihak Driver akan meminta pengguna memberikan password yang dikirim ke nomor telepon mereka. Jika pengguna memberikan password itu, maka driver bisa mengambil saldo GoPay Anda tanpa tersisa.

Sudah banyak korban rugi akibat penipuan ini. Padahal di SMS sendiri tertera bahwa password tersebut tidak boleh diperlihatkan atau diberitahukan kepada siapapun.

Tapi memang dasar omongan penipu yang mungkin sangat meyakinkan, bisa membuat pengguna ikut-ikut saja. Apalagi mengingat Gojek bukanlah startup yang biasa-biasa saja.

Penipuan ini biasanya terjadi pada proses pemesanan Gofood. Driver akan bertindak seolah-olah barangnya tidak bisa diambil oleh suatu sebab, lalu meminta pelanggannya memberikan kode dengan 4 digit angka pada ponsel korban.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai penipuan ini.


  1. Driver tahu berapa saldo Gopay Anda, tapi mereka tidak bisa mengambilnya
  2. Tapi kertika Anda mengirim password yang dikirim ke SMS, driver bisa saja mengambil saldo tersebut kapan saja
  3. Driver akan menelepon Anda, dan supaya meyakinkan korban, mereka menyerahkan panggilan itu kepada pihak toko atau warung makan
  4. Tapi janganlah tertipu, lihat petanya. Biasanya driver berada di posisi yang sama alias tidak bergerak
  5. Dalam beberapa kasus, driver Gojek akan menyamar menjadi pihak pemilik restoran. Lalu mulai tipuan mereka lagi dan menyuruh Anda mengirimkan kode yang terkirim ke SMS
  6. Belum puas sampai di situ, kalau aksi mereka tidak berhasil, mereka akan menelepon Anda lagi dan berpura-pura menjadi Customer Service
  7. Dengarkan baik-baik suaranya, apakah sama dengan suara driver tadi?
Baca : 4 Jenis Penipuan yang Ada di Instagram

Ketika driver tersebut tidak berhasil mendapatkan apa yang mereka inginkan, bersiap-siaplah karena setelah itu mereka akan melontarkan kalimat kasar. Penipu di Indoensia itu kebanyakan penjahat kelamin. Endingnya marah-marah, bahkan melecehkan korban melalui kata-kata kotornya.

Penipuan Gojek: Driver yang Mencuri Akun Driver Orang Lain dan Cara Mengatasinya

Berbahaya sekali bila Anda memesan GoCar atau GoRide dengan driver palsu tersebut. Sampai saat ini Saya belum tahu apakah sudah ada korbannya atau belum, tapi beberapa kali hampir pernah terjadi.

Untungnya para pengguna sekarang lebih cermat. Para penipu itu biasanya menghack akun Driver asli, lalu mereka bertingkah seolah-olah adalah driver asli tersebut padahal bukan.

Supaya kalian tidak tertipu dengan Driver palsu itu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga : 3 Cara Mengaktifkan Dark Mode di Android, Lebih Hemat Baterai!

1. Telefon nomor seluler driver
Meskipun akun direbut, tapi nomor telepon atau Sim Card tetaplah berada di driver yang asli. Telefon dulu nomor mereka untuk memastikan saja.
Biasanya driver yang terkenal masalah ini, atau akun mereka tiba-tiba dipakai orang lain, akan meminta pelanggan cancel karena akunnya dihack.

Turuti saja karena itu adalah yang terbaik untuk kalian.

2. Melihat plat nomor kendaraan
Lalu bagaimana jika kita tidak punya pulsa atau driver palsu sudah sampai di lokasi?
Lihat plat nomor kendaraan driver dengan yang tercatat di akun Gojek. Jika sama, maka lanjutkan, jika tidak, sebaiknya dicancel.

Semoga cara ini membantu, dan mari menjadi pengguna yang cerdas.

0 Response to "Jenis-Jenis Penipuan Gojek dan Cara Ampuh Menghindarinya"

Post a Comment

Mohon Jangan Berkomentar Spam dan Meninggalkan Link aktif, karena jika terjadi admin akan menghapus selamanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel