Cara Ngeblog Sampai Menghasilkan Uang Untuk Pemula

Cakwafaae |Halo sahabat  blogger yang berbahagia, sudah lama tidak posting iya, artikel kali in cukup gaswat nih yaitu cara ngeblog sampai mendapatkan penghasilan.
http://cakwafaae.blogspot.com
Gambar: Ilustration
Pernah dengar penghasilan seorang blogger sampai ratusan juta?

Tidak ada yang tidak mungkin jika mau berusaha dan belajar, yang perlu diingat bahwa seorang blogger yang berpenghasilan ratusan juta perbulannya .

Sangatlah panjang dalam berproses, sangatlah berat untuk mengenal lika-liku, hiruk pekuk dunia blogger, jika sahabat ingin sukses kuncinya hanya satu yaitu "sabar."

Jika kita yang masih baru kemudian menginginkan penghasilan ratusan juta, sangat jarang sekali bahkan mungkin tidak mungkin.

Mayoritas blogger senior yang ingin mendapatkan penghasilan masih menunggu bulanan, tahunan, bahkan ada juga yang sampai sekarang belum gajian.

Bagaimana masih tertarik ingin menjadi blogger?

Tetapi, jangan pernah memandang beratnya, jangan memandang sulit dan susahnya, karena didunia ini tidak ada yang semulus saat ada dalam kepala.

Tidak ada pekerjaan yang enak, orang tidur saja capek apalagi lagi yang bekerja, bahkan menulis yang kelihatan sepele capeknya bukan main.

Maka dari itu buatlah semua aktivitas menjadi nyaman, aktivitas menjadi hiburan, dengan cara merubah pola pikir, begitu juga jika ingin mendapatkan penghasilan dari blog atau website.

Kita perlu perlu menyiapkan diri bagaimana blog yang akan dikekola dapat menjadi tempat visitor atau pengunjung yang mencari solusi.

Kali ini akan saya ringkaskan pengalaman saya mulai dari awal ngeblog sampai saat ini, mengenai cara saya ngeblog sampai menghasilkan uang, sekalipun tidak sebesar penghasilan blogger master.

Pengalaman yang sudah saya pilah dan pilih mana yang baik mana yang tidak, pastinya tulisan ini penuh kekurangan namun tidak menutup kemungkinan tulisan ini dapat dijadikan bahan evaluasi, pelajaran, perbandingan.

Cara Ngeblog Sampai Menghasilkan Uang Untuk Pemula

Ringkasan pengalaman saya didunia blogging mulai dari awal sampai saat ini, ada 6 hal yang perlu sahabat lakukan dan perhatikan pertama kali.

Yang mana tiga hal tersebut merupakan pokok untuk menjadi seorang blogger pemula yang handal, sampai blog yang dikelola mendapat penghasilan.

1. Membuat Blog

Blog tidak hanya dapat dibuat diblogger, tetapi juga dapat dibuat diplatform yang sama-sama popular dan juga menjadi pilihan seorang blogger yang lain.

Salah satu diantaranya yaitu wordprees.

Pertama kali yang perlu dilakukan adalah membuat blog, karena mustahil mau mendapatkan penghasilan tetapi tidak memiliki blog.

Silahkan pilih mana yang ingin dipakai blogger blogspot atau wordpres, tentukan sendiri.

Dalam membuat blog tidak hanya asal membuat, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya ialah nice atau topik pembahasan.

Jelasnya, blog yang sudah dibuat akan membahas apa? Maka perlu dikonsep terlebih dahulu, menurut para mastah membuat blog yang baik itu ialah blog yang membahas satu topik.

Tetapi tidak menutup kemungkinan blog yang sahabat kelola membahas berbagai macam topik, karena yang diperlukan adalah kualitas maupun kuantitas blog.

Banyak sekali, blog yang sukses berpenghasilan tidak membahas satu topik, namun jika kita teliti atau lihat kualitas maupun kuantitasnya memang patut diapresiasi.

Hanya saja dengan membahas satu topik dapat memudahkan visitor atau pengunjung dalam mempelajari dan mencari solusi diblog yang sahabat punya dan satu lagi google lebih suka ketimbang blog yang mirip es campur seperti blog saya.

2. Aktif menulis artikel 

Seorang blogger yang ingin penghasilan maka perlu menulis artikel yang banyak dan berkualitas, sudah tentu seorang yang sudah mendapatkan gaji berbulannya blog yang mereka kelola tidak hanya berisi 10 artikel

Mungkin ada saja tetapi paling tidak blog tersebut pastinya memiliki kualitas yang cukup dan pantas memiliki banyak visitor.

Dan juga tidak ada batasan dalam menulis artikel, semakin banyak semakin lebih baik, sebagi penunjang untuk penghasilan yang akan diperoleh.

Tetapi banyak sekali yang perlu sahabat perhatikan dalam menulis baik mengenai kualitas maupun kuantitas artikel.

Salah satu yang perlu diketahui menulis diblog bukan lagi menulis seperti layaknya menulis buku, tetapi menulis diblog bagaimana caranya pengunjung nyaman saat membaca

Dan lagi-lagi artikel yang berkualitas, artikel yang memuat solusi, artikel yang dapat dipahami dan diperaktikkan oleh pembaca.

Satu hal lagi yang perlu diingat dalam menulis artikel jangan tergesa-gesa, lebih berhati-hati dalam penulisan agar tidak ada kesalahan dalam pengetikan maupun dari susunan bahasa.

Yang terahir ialah, memahami sedikit banyak apa itu ilmu SEO, ilmu yang berguna untuk memahami bagaimana cara optimasi blog yang benar agar dapat berada diposisi paling atas disearch engine.

3. Domain

Agar blog tampak profesional dan cepat di index oleh google silahkan belikan Domain, pilih yang sekiranya pas dan cocok untuk pengunjung agar nama blog yang dikelola mudah dikenal dan dihafal.

Sebenarnya banyak juga yang sukses dan berpenghasilan tanpa mengeluarkan modal sedikitpun dengan menggunakan domain blogspot atau wordpres.

Menurut saya, tinggal bagaimana usaha sahabat mengelola, bagaimana blog agar berkualitas, bagaimana blog dapat sesuai dengan dengan yang diharapkan orang bukan mesin pencari.

Saran jika sahabat masih pemula seperti penulis lebih baik untuk menggunakan blogspot, apalagi ilmu didunia tulis menulis masih sangat rendah.

Jika memang sudah mumpuni ilmu mengenai seluk beluk blogger silahkan pilih domain berbayar, lebih-lebih dihost.

4. Tamplate Blog

Tamplate adalah salah satu rahasia yang mengandung sejuta makna, namun pada intinya tamplate tidak lain untuk memudahkan dan memberi kenyamanan pengunjung.

Dan pastikan tamplate yang dipilih sudah seo, responsive, dan landing tidak lelet, jika ingin tampilan sesuai dengan yang diharapkan lebih baik beli tamplate premium.

5. Melakukan Optimasi
Optimasi yang dimaksut ialah bagaimana cara agar blog saat dicari dimesin pencari google dapat ditemukan dan lebih-lebih berada di urutan nomer satu.

Salah satu contoh mendaftarkan blog di webmastertools dan bing mastertools, landing blog, riset keyword.

Hal ini dapat membantu sahabat dalam memperoleh vistor yang murni dari search engine, bukan dari share link kebeberapa media sosial yang tidak disukai google.

6. Daftar Menjadi Publiser Iklan

Salah satu cara untuk memperoleh penghasilan dari blog ialah dengan mendaftar menjadi publiser iklan, banyak sekali perusahaan periklanan yang dapat sahabat coba.

Salah satu diantaranya google adsense, yang paling popular dan banyak diburu oleh para blogger sedunia dan banyak lagi lainnya, dicari sendiri.

Darisinilah jika blog yang didaftarkan diterima atau diakusisi menjadi publiser periklanan mendapatkan pundi-pundi dollar yang dapat sahabat tunaikan.

Yang terpenting selalu belajar dan belajar satu hal yang perlu diketahui jika menjadi publiser periklanan yaitu :

Semakin banyak banyak visitor atau pengunjung, maka  semakin besar pula peluang untuk mendapat penghasilan.

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, ini murni hasil dari pengalaman admin, yang tidak menutup kemungkinan banyak yang kurang pas dan tidak baik untuk diperaktikkan

Dan artikel ini saya peruntukan bagi blogger pemula, dengan tujuan tidak asal-asalan dalam memulai ngeblog agar tidak terlalu banyak waktu yang dibuang sia-sia seperti pengalaman admin.

Bukan niat menggurui juga sama-sama belajar hanya ingin berbagi pengalaman saja. Semangat!!!

11 Responses to "Cara Ngeblog Sampai Menghasilkan Uang Untuk Pemula"

  1. SEO bisa dipelajari pelan-pelan. Yang penting update artikelnya harus rutin dan kenceng. Salam sukses selalu!.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap om, berkat iri karena saya melihat notifikasi google plus, yang isinya adalah om yang selalu updats, saya juga ikut termotivasi.

      Jadi saya putuskan untuk menyelam sambil minum air. Hehehe

      Delete
  2. Maaf mau nanya mas Wafa.. Ntar kalau artikel blog saya sudah banyak dan memenuhi syarat.. bagaimana caranya mendaftar di google adsense?
    Makasih dengan artikel ini saya sebagai pemula bisa mendapat ilmu lebih..
    Makasih... Sukses selalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inshaallah blog ini masih seumur jagung kira2 6 bulanan. Sudah saya coba mendaftar pertama pas dapat 3 bulanan gak keterima. Ketika dapat 5 bulanan alhamdulillah keterima.

      Caranya menunggu waktu mbak kira -kira sampai 7 bulanan jika sebelumnya pernah ditolak jangan daftar diwaktu yang begitu dekat.

      Sabar menunggu beberapa bulan

      Delete
    2. Makasih banyak saran dan info nya mas Wafa. Beruntung ya mas Wafa artikel blog usia 5 bulan sudah diterima di google adsense..
      Sekarang blog saya usia 5 bulan agustus besok. Nanti nunggu blog saya 7 bulan ya baru saya daftar ke google adsense..?
      Kalau boleh tahu bagaimana cara mendaftarnya ke google adsense ?
      Makasih sebelumnya..
      Semoga mas Wafa semakin sukses...

      Delete
    3. Kira kira begitu, kalau masih belum keterima coba tampilan atau kontennya dirapikan mbak

      Delete
  3. Ajatin dong Mz masih belum dapat penghasilan dari blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kesenior atau master ampun deh..

      Delete
    2. masih baru belajar kok mz

      Delete
    3. Hah... jadi malu nih kepada senior blogger mbak risna.

      Delete
    4. q juga pemula kok mz... so woles aja xixixi

      Delete
Mohon Jangan Berkomentar Spam dan Meninggalkan Link aktif, karena jika terjadi admin akan menghapus selamanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel