5 Cara Mengatasi Laptop Yang Lambat Loading

Mengatasi Laptop yang Lambat – Setiap laptop atau komputer tentunya memiliki kemampuan yang cukup terbatas pada saat memproses data. Laptop yang sobat gunakan memiliki memori penyimpanan sementara yang di sebut RAM (Random Access Memory). Memori ini akan memproses data yang di kirimkan oleh user atau pengguna. Misalkan sobat membuka program ms word atau yang lainnya.

5 Cara Mengatasi Laptop Yang Lambat Loading


Mengatasi Laptop yang Lambat
Merawat laptop tak melulu tentang merawat fisiknya, akan tetapi bagaimana kita menjaga komponen yang ada dalam laptop kita agar tetap bisa mengoptimalkan pekerjaan kita. Nah, berikut ini ada beberapa tips mengatasi laptop yang lambat.

1. Posisi Laptop
Letakkan laptop sobat di tempat yang memiliki ruang udara yang terbuka, seperti di atas meja atau lebih bagus lagi jika sobat memiliki colling pad (kipas). Jangan letakkan laptop di pangkuan atau di atas kasur, karena ini bisa membebani kipas yang ada pada laptop sobat akibatnya komponennya pun akan menjadi panas.

Baca : Tips Menyembunyikan File di Windows Paling Ampuh

2. Instal Aplikasi
Intal aplikasi yang benar – benar sobat perlukan. Hindari menginstal aplikasi yang bisa membebani atau melebihi kapasitas memori penyimpanan sementara. Misalkan sobat mau menggunakan whatsapp di laptop, cukup gunakan whatsapp web agar bisa menghemat RAM laptop.

3. Cache Aplikasi
Sedikit sekali pengguna laptop yang tau akan hal ini. Padahal cache inilah sebenarnya yang memakan banyak penyimpanan. Jadi, hapus semua cache aplikasi yang terinstal di laptop sobat. Caranya, cukup uninstal aplikasi tersebut lalu instal kembali. Untuk aplikasi seperti browser firefox contohnya, kalian bisa ke pengaturan dan cari penyimpanan cache nya, biasanya cache browser bisa hingga ratusan mega bite.

Baca Juga : Recovery Data yang Terhapus dengan Wise Data Recovery

4. File pada drive
Silahkan simpan file – file yang penting saja dan hapus file yang menurut sobat tidak terlalu di butuhkan. Misalkan file film, software atau yang lainnya. Terutama yang tersimpan di drive C yang dimana drive tersebut hanya digunakan untuk menyimpan file sistem saja.

5. Anti Virus
Anti virus sangat penting untuk laptop sobat, ini sangat dibutuhkan karena virus atau yang sejenisnya akan mudah sekali menyebar seperti melalui flashdisk pada saat pengiriman file. Gunakan anti virus lokal dan anti virus dari luar agar laptop sobat bisa terlindungi secara maksimal.

Bukan hanya stamina manusia yang perlu di perhatikan, laptop pun demikian. Laptop yang sehat dan selalu terawat bisa mempengaruhi umur penggunaannya. Terima kasih telah membaca artikel kali ini tentang Mengatasi Laptop yang Lambat, semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Cara Mengatasi Laptop Yang Lambat Loading"

Post a Comment

Mohon Jangan Berkomentar Spam dan Meninggalkan Link aktif, karena jika terjadi admin akan menghapus selamanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel