Cara mengisi daya baterai hp dengan cara yang benar

Baterai sangat penting untuk smartphone. Tapi entah bagaimana, pengguna dapat merusaknya karena pengisian yang salah. Dalam posting ini, kita akan melihat lebih dekat baterai Lithium-ion terlebih dahulu dan memberikan cara kita sesuai ilmu.

Sebagian besar baterai di smartphone kami adalah baterai Lithium-ion. Salah satu keuntungan terbesar dari baterai Lithium-ion adalah kepadatan energinya yang tinggi yang memungkinkan memasok tegangan lebih tinggi dari biasanya.

Tersedia dengan berbagai jenis baterai Lithium-ion, mereka dikembangkan dengan nol efek memori, tingkat self-discharge moderat ketika tidak digunakan, pemeliharaan yang rendah. Elektron-elektron itu menyuplai energi yang cukup dan dapat meningkatkan perangkat atau bahkan seluruh rumah. Mereka juga dapat menyimpan 150 watt-jam listrik dalam 1 kilogram baterai.


Baterai ion lithium

Biasanya, proses pengisian baterai hp meliputi 3 tahap: pengisian cepat, pengisian terus menerus, dan pengisian tetesan. Ketika daya ponsel hampir penuh, itu akan memasuki pengisian daya tetesan, di mana kecepatan pengisian sangat lambat dan ada arus kecil. Jadi pengisian trickle bagus untuk meningkatkan daya tahan baterai ponsel.

6 cara untuk mengisi daya baterai ponsel Anda dengan benar

Cara mengisi daya baterai hp dengan cara yang benar

Kami mengumpulkan 9 pertanyaan umum tentang mengisi daya baterai ponsel, dan memberikan beberapa kiat ilmiah untuk membantu Anda memperpanjang harapan hidup ponsel Anda.

Baca : 9 cara mudah untuk membuat smartphone Kalian berjalan lebih cepat

1. Berapa persentase yang harus saya kenakan dan isi ulang ponsel saya?
Menurut Battery University, Anda disarankan hanya membiarkannya mencapai hingga 50 persen sebelum mengisi daya lagi. Meskipun ada pengaman yang dirancang untuk baterai Lithium-ion yang melindungi baterai, Anda juga harus menghindari baterai lithium-ion hingga 100 persen.

Beberapa pengecualian terhadap aturan ini juga dipertimbangkan, sebulan sekali, biarkan baterai mengalami debit penuh hingga sekitar 5 persen, yang akan memberikan perkiraan waktu baterai yang tersisa.

2. Apakah pengisian daya dengan bank daya mengurangi masa pakai baterai ponsel?
Power bank diperlukan dalam kehidupan sehari-hari kita, tetapi itu tidak begitu baik untuk baterai ponsel Anda jika Anda sering mengisi baterai ponsel Anda dengan itu. Di satu sisi, ada banyak bank daya berkualitas buruk di pasar.

BACA : Beberapa Fungsi Mode Pesawat Di SmartPhone

Mereka akan mempengaruhi efek pengisian hp Anda, dan tidak dapat memberikan perlindungan yang lebih baik selama proses pengisian, seperti perlindungan tegangan berlebih, perlindungan sirkuit pendek, dll. Di sisi lain, sebagian besar power bank secara otomatis akan terputus dari ponsel Anda sebelum memasuki biaya tetesan. Jadi itu akan merusak baterai ponsel Anda dalam penggunaan jangka panjang.

3. Apakah tidak masalah untuk menggunakan ponsel saya saat pengisian daya?
Ya, Anda dapat menggunakan ponsel saat mengisi daya, selama Anda tidak menggunakan pengisi daya pihak ketiga yang lebih rendah. Karena pengisi daya pihak ketiga tidak hanya buruk untuk baterai ponsel Anda, tetapi dapat menyebabkan ledakan. Jadi ingat untuk menggunakan pengisi daya asli untuk mengisi daya ponsel Anda.

4. Haruskah saya menyimpan ponsel saya ketika sudah terisi penuh?
Menjaga baterai ponsel tetap sehat mungkin sulit bagi pengguna karena kebiasaan pengisian daya. Menurut Battery University, membiarkan hp Anda dicolokkan ketika baterai terisi penuh adalah buruk untuk baterai dalam jangka panjang.

Karena itu membuat baterai dalam keadaan tegangan tinggi, tegangan tinggi, yang menurunkan kimia di dalam dan dapat menyebabkan muatan baterai menetes. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencabut hp Anda pada waktunya ketika sudah terisi penuh.


5. Apakah saya harus mengisi penuh baterai saya?
Menurut Battery University, Li-ion tidak perlu diisi penuh, juga tidak diinginkan untuk melakukannya. Lebih baik tidak mengisi penuh, karena tegangan tinggi menekankan baterai dan memakainya dalam jangka panjang. Selain itu, sebagian besar baterai yang dapat diisi ulang dirancang untuk bertahan sekitar 400 siklus. Jika Anda membiarkannya berjalan ke nol, dan kemudian mengisi hingga penuh 400 kali terpisah, baterai tidak akan lagi dapat menyimpan muatan penuh dan akan mengambil lebih banyak dari biaya yang tersimpan untuk mengoperasikan hp Anda secara normal.

6. Apa yang harus saya lakukan jika ponsel saya menjadi panas selama pengisian daya?
Baterai ponsel cerdas sensitif terhadap suhu. Jika Anda melihat bahwa perangkat Anda menjadi panas saat mengisi daya, keluarkan dari kotaknya terlebih dahulu. Jika Anda berada pada suhu ekstrim, jagalah ponsel Anda. Ini akan melindungi kesehatan baterai Anda.

0 Response to "Cara mengisi daya baterai hp dengan cara yang benar"

Post a Comment

Mohon Jangan Berkomentar Spam dan Meninggalkan Link aktif, karena jika terjadi admin akan menghapus selamanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel