Istilah Jual Beli Online Yang Wajib Diketahui

Di zaman serba online ini, belanja online bukan merupakan hal asing, berbagai macam situs penyedia market online laris manis dan semakin menjamur. Beberapa situs besar seperti tokopedia, bukalapak, mataharimall dsb meraup banyak keuntungan dari hasil jual beli online ini.

Situs-situs jual beli online itupun kini berusaha semaksimal mungkin agar para penjual di dan pembeli di situsnya merasa nyaman dan jauh dari penipuan.

Bahkan selain di situs-situs besar jual beli online kini juga sudah biasa transaksi jual beli langsung dari facebook, Instagram ataupun twitter.

Istilah Jual Beli Online Yang Wajib Diketahui

Para penjual dan pembeli biasanya menggunakan beberapa istilah-istilah yang terus bertambah dari hari kehari, sehingga tak jarang beberapa orang merasa asing dengan istilah-istilah yang ditemukannya di dunia jual beli online itu. Untuk itu kali ini kita akan membahas beberapa istilah dalam jual beli online terbaru :

Restock
Restock ini merupakan istilah singkatan dari ready stock alias stok barang yang dijual itu masih tersedia.

Testi
Testi atau lebih lengkapnya juga disebut testimoni adalah respon dari orang-orang yang sudah terlebih dahulu membeli suatu produk. Biasanya calon pembeli akan melihat terlebih dahulu testimoni dari para pelanggan sebelumnya. Jika testimoni yang ada baik maka hal itu akan membuat pembeli tidak ragu untuk segera membeli produk yang diinginkannya.
   

Baca : Strategi Orang Sukses Finansial, Jalan Menuju Kejayaan

CODNah ini istilah yang paling sering didengar para zaman sekarang. COD inipun merupakan sebuah singkatan dari bahasa Inggris yang berarti cash on delivery yang artinya “dibayar saat ketemuan”. COD lazim digunakan ketika penjual dan pembeli berada pada tempat yang relatif dekat atau dapat saling menjangkau.

Keuntungan COD adalah calon pembeli bisa langsung melihat produk yang ingin dibelinya tanpa takut penipuan.

Dan penjual pun dapat menjelaskan dengan efektif kelebihan dan kekurangan produk yang dijualnya. Namun praktek tawar menawarnya biasanya tetap berasal dari dunia online. Walau begitu tak jarang, praktek tawar menawar juga kadang terjadi saat sedang ketemuan.


WTS
Istilah satu ini biasanya digunakan oleh penjual online baru, biasanya ia akan mengatakan WTS yang artinya want to sell atau kalau diartikan ke bahasa Indonesianya berarti “ingin dijual”. Ini sering kita temui di facebook, biasanya WTS ditemukan beserta foto terlampir sebuah produk yang ingin dijualnya. Seringnya istilah WTS ini ditemukan saat seorang calon penjual ingin menjual handphone.


WTB
WTB merupakan singkatan dari want to buy. Biasanya calon  pembeli akan mengunjungi suatu forum jual beli dan mengatakan WTB beserta budget dan spesifikasi produk yang ingin ia beli. Jika harga yang ditawarkannya masuk akal biasanya para calon penjual akan menawarkan produknya kepada si calon pembeli tersebut.


Baca : Bisnis Online Untuk Ibu Rumah Tangga


PW
PW yang satu ini artinya bukan “posisi wuenak” tetapi merupakan private message artinya calon pembeli dan penjual akan membahas lebih jauh tentang harga dan spesifikasi suatu produk melalui inbox atau tidak di publish di forum. Istilah PW ini biasanya juga diselilingi dengan kalimat “harga bisik-bisik” yang berarti di penjual kan menawarkan harga kepada calon pembeli secara privasi.

KW
KW artinya adalah kualitas yang bermaksud suatu produk merupakan produk tiruan. Ada KW 1, KW2, KW 3 dan seterusnya. KW satu paling tidak memiliki spesifikasi produk yang hampir sama seperti produk asli. Biasanya produk KW ini memiliki harga yang jauh lebih murah dari produk asli.

TT
Nah TT merupakan sebuah istilah lama yang dibawa ke dunia jual beli online. Arti dari TT adalah singkatan dari “Tukar Tambah”. Yang bermaksud si penjual biasanya ingin menjual/mengganti barangnya bukan dengan uang tetapi dengan produk lain.

CP
CP adalah singkatan dari contact person. Biasanya pembeli yang serius ingin membeli suatu produk akan meminta CP sipenjual sehingga transaksi bisa dilakukan dengan lebih serius melalui telfon.

PHP
PHP adalah singkatan dari “pemberi harapan palsu”. Dalam istilah jual beli online ini berarti si penjual tidak menjual suatu produk hanya untuk sensasi alias jika tawar menawar sudah kearah serius ia justru kabur. Begitu juga si pembeli biasanya sudah kelihatan sangat serius untuk membeli namun dengan serta merta menghilang tanpa bekas. Kedua contoh itu disebut PHP.

Refund
Sesuai dengan artinya refund merupakan pengembalian uang. Biasanya calon pembeli telah mengirim sejumlah uang yang ditentukan untuk proses pembelian. Namun barang yang ingin dibelinya tak kunjung sampai, maka ia berhak mendapatkan refund alias pengembalian uang.

Return
Jika diartikan sederhana return artinya “pengembalian” namun dalam dunia jual beli online return digunakan untuk menukarkan barangnya dengan produk lain namun dengan merk yang sama. Hal ini terjadi jika produk yang tiba di tangan pembeli terdapat kerusakan. Maka pembeli berhak minta return.

Baca : Usaha Sederhana Modal Kecil Keuntungan Besar  Yang Perlu Anda Ketahui

Dropship
Dropship adalah istilah yang digunakan bagi penjual tangan kedua. Artinya ia menjual suatu produk yang bukan merupakan produk buatannya namun ia seolah merupakan penanggungjawab produk tersebut.


DP
DP adalah singkatan dari down payment. Atau artinya ialah uang muka. Biasanya penjual ingin DP agar tidak di PHPin oleh pembeli. Namun jika sudah sampai di waktu yang ditentukan calon pembeli tidak juga melunasi pembayaran maka uang DP tersebut dianggap hangus alias milik si penjual tadi.


No Afgan
Istilah yang satu ini agak menggelitik. Artinya si penjual ingin para calon pembeli meletakkan harga penawaran yang masuk akal. No Afgan berasal dari lagu yang dinyanyikan penyanyi terkenal Afgan yang berjudul “sadis”. Jadi artinya, si penjual berharap calon pembeli jangan sadis nawarnya.


Nah itu dia mas bro 15 istilah yang lazim digunakan dalam jual beli online terbaru. Semoga sehabis membaca artikel ini mas bro tidak pusing lagi mengartikan kata-kata diatas.

0 Response to "Istilah Jual Beli Online Yang Wajib Diketahui"

Post a Comment

Mohon Jangan Berkomentar Spam dan Meninggalkan Link aktif, karena jika terjadi admin akan menghapus selamanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel