Langkah Efektif Meningkatkan Skill Karyawan Perusahaan

Sebuah perusahaan tentunya memiliki dinamika internal salah satunya seperti tenaga kerja yang tidak dapat dipungkiri akan selalu berjuang untuk mempertahankan posisinya, hal ini dikarenakan ketersediaan pasokan tenaga kerja yang lebih besar dan berkualitas di pasar tenaga kerja, mau tidak mau perusahaan pun wajib untuk meningkatkan skill karyawan agar tida lagi melakukan rekrutmen secara berulang – ulang.
Langkah Efektif Meningkatkan Skill Karyawan Perusahaan

Meski tak bisa dipungkiri perusahaan membutuhkkan penyegaran dengan memasukkan tenaga kerja baru namun tenaga kerja baru ini akan memberikan suntikan produktivitas di dalam taraf tertentu saja sehingga perusahaan bisa terus bersaing, akan tetapu tenaga baru tentunya tak akan secara langsung bekerja dengan optimal dalam waktu singkat.

Maka dari itu pelatihan dan orientasi pun dibutuhkan agar tebaga kerja tersebut bisa memahami ritme kerja perusahaan dan barulah tenaga kerja baru ini akan mulai memahami dan beradaptasi dan tentu saja dengan harapan meningkatnya produktivitas dapat terwujudkan.


Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat diambil oleh perusahaan untuk meningkatkan produktivitas dengan sumber daya manusia yang dimilikinya.

  Langkah Efektif Meningkatkan Skill Karyawan Perusahaan

1.    Motivasi SDM
Perkembangan sendiri tak akan pernah terjadi jika tanpa adanya kesadaran hal ini lah yang menyebabkan perusahaan harus segera melakukan salah satu langkah untuk meningkatkan skill karyawan yakni dengan memberikan motivasi pada SDM yang dimilikinya.

Motivasi ini pada dasarnya membuat perusahaan harus tetap eksis dan mengikuti perkembangan yang terjadi baik di dalam skala kecil mau pun di dalam skala besar sehingga perkembangan ini akan menuntut skill baru dan juga semangat kerja yang stabil.



Tak hanya itu saja motivasi juga sebenanya dapat timbul dari adanya pengetahuan jika di pasar tenaga kerja, ada banyak SDM baru yang mempunyai kualitas tinggi sehingga posisi karyawan bisa saja terancam jika tidak melakukan pengembangan diri, sehingga akan memotivasi karyawan untuk menjadi lebih baik lagi.

2.    Program Pelatihan
Untuk meningkatkan skill karyawan, tentu saja perusahaan wajib untuk melakukan serangkaian program pelatihan yang jelas, program ini biasanya akan disusun sedemikian rupa agar tepat sasaran dan bersadarkan data yang valid pula untuk mengasilkan ouput yang optimal.

3.    Tujuan dan Target Jelas
 Perusahaan wajib memiliki satu target yang jelas yang hendak dituju di dalam operasionalnya pada satu periode waktu tertentu, target ini tentu ditetapkan dengan perhitungan yang detail dengan mempertimbangkan berbagai macam kondisi pasar dan kemampuan SDM yang dimilikinya karena terkadang untuk memenuhi target yang ditetapkan, karyawan wajib untuk melakukan lembur di dalam jumlah tertentu.

Agar pekerjaan karyawan menjadi lebih ringan maka karyawan harus dapat menerjemahkan target agar dapat dicerna dengan mudah oleh setiap karyawan yang ada.

4.    Apresiasi
Langkah yang terakhir adalah dengan memberikan apresiasi karena tentu saja karyawan akan merasa senang pada saat apa yang telah dikerjakannya selama ini mendapatkan apresiasi dari perusahaan, efek berantai dari hal ini adalah karyawan akan dengan senang hari memberikan effort yang lebih lagi pada perusahaan dan pada setiap pekerjaan yang dilakukannya.

Apresiasi ini sendiri dapat dilakukan dalam bentuk sekecil apapun tujuannya agar karyawan merasa berpatisipasi di dalam setiap pencapaian yang dilakukan oleh perusahaan. Bentuk apresiasi yang dapat diberikan pun beragam, seperti pemberian status karyawan terbaik, hadiah kecil yang ikonik, insentif tambahan mau pun tiket liburan hingga promosi jabatan.

Apresiasi ini juga dapat dilakukan untuk menjaga kondisi psikis karyawan agar tetap berada di dalam keadaan baik dan juga mempunyai andil yang besar di dalam peningkatan kemampuan kerja karyawan perusahaan.

Nah, itulah beberapa langkah yabg dapat dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan skill karyawannya. Jika skill karyawan meningkat maka hal ini tentu saja akan berdampak positif bagi perusahaan.

0 Response to "Langkah Efektif Meningkatkan Skill Karyawan Perusahaan"

Post a Comment

Mohon Jangan Berkomentar Spam dan Meninggalkan Link aktif, karena jika terjadi admin akan menghapus selamanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel