Mengenal lebih jauh teknologi Augmented Reality di abad Modern

tentu masih ingat tentang gane Pokemon Go yang telah viral beberapa tahun yang lalu? 
permainan ini menggunakan basis Augmented Reality yang mengkombinasikan dunia nyata dengan objek hasil perancangan di komputer. 

Tentunya bagi Anda penyuka teknologi masih ada satu lagi yang perlu diulik yaitu Virtual Reality. Dua istilah ini hampir sama namun memiliki perbedaan yang sangat mendasar.


Virtual reality menggunakan obyek nyata sebagai visualisasi obyek yang ada di komputer sehingga menjadi animasi atau teknologi virtual sedangkan augmented reality mengkombinasikan antara objek nyata dengan virtual. Sudah banyak brand-brand e-commerce yang menggunakan teknologi ini untuk memasarkan produk sekaligus menjadikannya lebih dikenal masyarakat.

apa sih augmented reality ?
sudah dibahas di atas bahwa Augmented Reality merupakan teknologi yang mengkombinasikan atau menyatukan dunia nyata dengan dunia virtual objek yang dibentuk dari komputer. 

Apakah Anda pernah menonton iklan cat warna yang menggunakan teknologi ini untuk memasarkan produk dengan cara mengarahkan smartphone Anda yang telah mengunduh aplikasi yang disarankan oleh pihak produsen lalu mengarahkannya pada tembok yang ingin di cat. Mungkin di dalam telepon genggam Anda dapat tervisualisasikan namun pada tembok sesungguhnya tidak ada perubahan.


sistem kerjanya seperti apa?
Augmented Reality dapat bekerja dengan menggunakan beberapa komponen meliputi Simultanous Localization and Mapping, depth tracking, sensor dan kamera, projection, prosessing dan reflection. Komponen ini sangat diperlukan untuk menampilkan obyek yang telah dibuat untuk diaplikasikan pada produk hingga sampai pada si pengguna.

tipenya apa saja ?
teknologi ini memiliki beberapa jenis yang bisa Anda kembangkan Marker based AR, Markerless AR, Projection Based AR dan Supreimposition-based AR. Setiap jenisnya memiliki penggunaan yang unik dan sangat menantang untuk Anda ulik.

perangkat yang mendukung apa saja?
Sudah banyak sekali perusahaan maupun produk yang menggunakan Augmented Reality pada produk mereka. Produk yang telah menggunakan teknologi ini meliputi, google glass, kacamata, cat dan lain sebagainya. 

Perangkat yang siap mendukung teknologi ini berupa mobile devices, AR Contact Lenses, AR Glasses danVirtual Retinal Displays. Nah apakah Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut teknologi ini?

0 Response to "Mengenal lebih jauh teknologi Augmented Reality di abad Modern"

Post a Comment

Mohon Jangan Berkomentar Spam dan Meninggalkan Link aktif, karena jika terjadi admin akan menghapus selamanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel