Perkembangan Teknologi Serta Dampaknya Pada Kehidupan Manusia


Teknologi selalu berkembang dari waktu ke waktu, perkembangan ini tentu bertujuan untuk membantu manusia. Kemudahan yang kita dapat dari perkembangan teknologi memang tidak dapat dipungkiri, namun kita tidak boleh lupa terhadap dampak negatif yang mungkin terjadi. 

Mari kita ambil contoh yang paling sederhana! Saat ini, banyak pabrik-pabrik modern yang sudah menggunakan mesin robotik yang dikendalikan oleh komputer. Dari segi efisiensi waktu dan biaya produksi, bisa dikatakan bahwa teknologi sangat membantu proses produksi. 

Perkembangan Teknologi Serta Dampaknya Pada Kehidupan Manusia

Namun, bukan tidak mungkin jika suatu saat peran manusia akan tergantikan sepenuhnya oleh mesin. Untuk lebih jelasnya mari kita bedah lebih lanjut efek-efek positif dan negatif dari perkembangan teknologi terhadap kehidupan manusia.

Perkembangan Teknologi Serta Dampaknya Pada Kehidupan Manusia

Dampak positif teknologi
Seperti yang kita ketahui, dampak posistif perkembangan teknologi seperti mesin-mesin canggih adalah meningkatnya hasil produksi. Penggunaan mesin-mesin canggih terbukti lebih efisien dari segi waktu dan biaya produksi dibanding menggunakan tenaga manusia, hal itu terjadi karena mesin dapat bekerja lebih cepat, konstan dan tanpa lelah. 

Sebut saja alat pemanen hasil pertanian, alat-alat pertanian modern terbukti lebih menghemat waktu dan biaya dibanding menggunakan tenaga buruh tani.


Selain alat-alat tersebut, munculnya software-software canggih juga mempermudah kita dalam menyelesaikan berbagai tugas tanpa bantuan orang lain. Contoh sederhananya, jika dulu kita perlu bantuan orang lain untuk melakukan koreksi terhadap kesalahan kita dalam penulisan, kini kita bisa menggunakan aplikasi seperti Grammarly untuk melakukan koreksi pada tulisan kita secara online.

Dampak negatif teknologi
Dampak negatif dari perkembangan teknologi seperti mesin dan software modern adalah berkurangnya lapangan kerja dan interaksi sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Mesin pabrik yang modern dapat menggantikan peran buruh pabrik, sementara alat-alat pertanian modern akan menggantikan peran buruh tani. 


Selain itu, software penerjemah dan koreksi otomatis, berpotensi menggantikan peran jasa penerjemah dan mereka yang ahli dibidang penulisan. Khusus untuk para penerjemah dan mereka yang ahli di bidang penulisan, peran software memang belum mampu menggantikan peran mereka secara penuh. 

Akan tetapi, perlu diingat bahwa potensi seperti itu tetaplah ada. Adanya software-software tersebut juga dapat membuat masyarakat menjadi antipati terhadap orang lain, karena mereka merasa tidak perlu lagi meminta bantuan dari orang lain.

Kesimpulannya, kita sebagai manusia harus bisa memanfatkan teknologi dengan bijak. Pertimbangkanlah efek posistif dan negatif yang dapat ditimbulkan dari pemanfaatan teknologi tersebut terhadap kehidupan kita sebagai mahluk sosial.



0 Response to "Perkembangan Teknologi Serta Dampaknya Pada Kehidupan Manusia"

Post a Comment

Mohon Jangan Berkomentar Spam dan Meninggalkan Link aktif, karena jika terjadi admin akan menghapus selamanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel